7 Fakta Unik Perayaan Hari Ibu Di Seluruh Dunia - Saliha

WHAT'S ON

7 Fakta Unik Perayaan Hari Ibu Di Seluruh Dunia

BY DEE

2017-12-20 09:00:00


SALIHA.ID - Tanggal 22 Desember, kita akan merayakan hari ibu. Namun, ternyata hari ibu bukan sekadar hari merayakan ibu, lo. Hari ibu juga penuh dengan sejarah dan tradisi yang menarik untuk kita ketahui. Baik kamu adalah ibu muda atau memiliki ibu kesayangan dalam hidup, yuk kita cek beragam fakta dan  bentuk perayaan Hari Ibu di seluruh penjuru dunia. 

Hari Ibu Pada Zaman Dahulu Kala

Tradisi hari ibu ternyata sudah berlangsung sangat lama. Bahkan dalam mitologi Yunani, terdapat festival musim semi yang digelar untuk menghormati dewi para ibu, yaitu Rhea. Rhea adalah istri dari Cronus dan dipercayai sebagai ibu para dewa.

Salah satu bangsa tertua yang tercatat merayakan hari ibu adalah bangsa Romawi. Mereka memiliki festival tiga hari untuk para ibu yang disebut Hilaria. Hilaria didedikasikan bagi ibu para dewi, yaitu Cybelle. Para pengikut dewi ini akan memberikan persembahan di kuil, membuat permainan dan pesta topeng.

BACA JUGA: 10 ide unik untuk menunjukkan sayang kamu pada ibu  

Beragam Tanggal untuk Hari Ibu

Tidak semua negara merayakan hari ibu pada tanggal yang sama. Di Indonesia hari ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional. Namun, di berbagai negara seperti Amerika Serikat dan lebih dari 75 negara lainnya di Eropa Barat, Malaysia, Taiwan dan Hong Kong, hari ibu dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei.

Sementara di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Festival untuk Ibu

Perayaan Durga Puja di India. Foto: Shutterstock.com

Di beberapa negara, hari ibu dirayakan beberapa hari. Di India, perayaan hari ibu berlangsung selama festival 10 hari dan disebut sebagai Durga Puja. Di sana, keluarga akan menyiapkan waktu berminggu-minggu untuk menyiapkan makanan, mengumpulkan hadiah dan mendekorasi rumah mereka. 

Sementara di Ethiopia ada festival untuk ibu, yaitu Antrosht festival. Festival ini dilakukan pada akhir musim penghujan di awal musim gugur. Seluruh keluarga besar akan berkumpul untuk perayaan dan makan besar. Anak perempuan akan membawa keju sementara anak laki-laki membawa daging. Bersama-sama mereka membuat perkedel daging dan bernyanyi serta menari sembari bercerita tentang pahlawan dalam keluarga.

Hari Tersibuk

Orang Meksiko mungkin merupakan salah satu bangsa yang paling bersemangat merayakan hari ibu. Di Meksiko, hari ibu merupakan hari tersibuk di Meksiko. Pada tanggal 10 Mei, semua restoran di Meksiko penuh dengan makanan, perayaan dan penyanyi mariachi yang menyanyikan lagu 'Las Mananitas' .

Baca Juga: Selalu bertengkar dengan orangtua? Cobalah cara mengalah untuk menang ini 

Hari untuk Kaisar

Di beberapa negara, hari ibu dihubungkan dengan upaya menghormati pemimpin perempuan atau figur penting negara tersebut. Jepang, misalnya. Tradisi Haha no Hi (hari ibu) awalnya dimulai dengan perayaan ulang tahun kaisar perempuan Koujun. Tetapi kemudian hari ibu berubah pada minggu kedua bulan Mei. Di Thailand, hari ibu dirayakan pada ulang tahun Ratu Sirikit, yaitu pada tanggal 12 Agustus.

Bunga untuk Ibu

Bunga Carnation adalah salah satu hadiah yang paling sering diberikan kepada ibu di hari ibu. Bunga Carnation berwarna merah dan merah muda diberikan kepada ibu yang masih hidup sementara carnation putih dipersembahkan bagi mereka yang telah meninggal dunia.

Pelarangan Hari Ibu

Tidak semua anak bebas menunjukkaan rasa cinta mereka kepada ibu. Pada awalnya, hari ibu diperkenalkan pemerintah Korea Utara sebagai bagian dari propaganda negara. Namun sejalan dengan waktu, hari ibu semakin populer dan komersil. Orang memanfaatkan hari ibu untuk belanja.

Tahun ini,  hari ibu dilarang untuk dirayakan. Alasannya karena ucapan cinta kasih anak kepada ibu mereka sendiri dianggap menganggu upaya penghormatan kepada figur 'ayah' Kim Jong Un. Namun diam-diam orang Korea Utara tetap membelikan bunga atau hadiah dari hasil kerja keras mereka untuk ibu tercinta.


    BY DEE

loading