Proses Relaktasi Mampu Tingkatkan Produksi ASI - Saliha

WELLNESS

Proses Relaktasi Mampu Tingkatkan Produksi ASI

BY TIM LIPUTAN

2018-08-03 14:35:00


SALIHA.ID - Usai menjalani proses melahirkan, sejumlah ibu mengaku mengalami berbagai permasalahan mengenai pemberian asupan nutrisi terbaik bagi bayi baru lahir. Sejumlah pakar menyarankan ada baiknya pemberian ASI dilakukan selama kurun waktu 2 tahun. Namun, kondisinya tidak semudah itu, sejumlah faktor membuat para ibu kurang maksimal saat menyusui. 

Deretan faktor yang membuat kurangnya intensitas menyusui ibu baru diantaranya, stres akibat tingginya rutinitas, kelelahan, sakit dalam jangka panjang sampai tekanan psikologis. Menurut dokter spesialis anak di RSAB Harapan Kita, DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), Saat dijumpai di acara Anmum mum to mum di Jakarta mengatakan, sejumlah faktor inilah yang akhirnya menguatkan terhentinya produksi ASI. Bukan hanya kesehatan bayi  yang terganggu, ibu pun mengalami hal serupa. 

Oleh sebab itu, untuk mengatasi penghentian ASI, ada baiknya ibu melakukan Relaktasi. Relaktasi merupakan proses kembalinya keinginan ibu untuk menyusui bayinya kembali secara langsung. Namun, bukanlah hal yang mudah, karena ibu membutuhkan waktu dan dedikasi tinggi untuk beradaptasi sehingga dapat memproduksi ASI secara normal. 

Meskipun sulit, ibu bisa terus mencoba untuk mengosongkan payudara dengan cara memompa selang waktu 2 jam sekali. Payudara yang telah kosong akan meningkatkan produksi ASI. Perbanyak mengonsumsi air putih juga bisa menjadi langkah sederhana untuk memulai relaktasi. Ibu juga bisa menanmbah suplemen guna memperlancar produksi ASI. Kedekatan ibu atau bonding dengan bayi juga bisa membuat proses produksi ASI meningkat lo. Menggendong, memeluk dan mengajak bayi berkomunikasi akan memberikan semangat dan tekad kuat dalam diri ibu. 

Sesekali mintalah bantuan suami untuk melakukan pijatan lembut oksitosin yang mampu meningkatkan love hormon. Kenyamanan yang bertabur kasih dan sayang mampu meningkatkan produksi ASI lebih banyak lagi.

Dan yang terakhir, periksalah dengan baik breast pump secara berjangka untuk memastikan daya volume pump masih bekerja dengan baik. 


    BY TIM LIPUTAN

loading