Agar Traveling Aman, Ini yang Harus Kamu Lakukan - Saliha

TRAVEL

Agar Traveling Aman, Ini yang Harus Kamu Lakukan

BY MEDIA SARI

2017-09-19 16:37:00


SALIHA.ID - Traveling tak hanya menawarkan kesenangan. Namun juga potensi bahaya jika kamu kurang waspada. Nah, biar kamu nggak jadi korban kejahatan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan nih. Simak yuk!

Jangan berpakaian mencolok

Sebisa mungkin berpakaianlah selayaknya orang lokal. Jika terlalu sulit untuk meniru gaya berpakaian mereka, kenakanlah pakaian yang sopan dan sederhana atau sesuai dengan lingkungan tempat kamu berada. Sebaiknya hindari pula memakai perhiasan atau aksesoris yang berlebihan.

Pakai money belt

Agar lebih aman simpanlah uang, paspor dan kartu kredit dalam money belt. Benda ini berupa kantung serba guna yang dipakai di dalam baju hingga tak terlihat orang lain. Selain itu, ketika berjalan – jalan bawalah uang secukupnya atau pecahan kecil saja, sisanya simpanlah di brankas hotel. 

Jangan terlihat bingung

Bingung saat bertandang ke tempat baru adalah hal wajar. Namun jangan panik dan tetaplah terlihat cool. Bersikap tenang dan nikmati ‘ketersesatanmu’ sambil mencari pusat informasi atau polisi. Hindari membuka peta atau petunjuk jalan di tempat umum. Ini akan memperlihatkan bahwa kamu seorang turis dan belum tahu kondisi sekitar. Jangan lupa juga untuk membawa kartu nama penginapan, agar kamu tahu ke mana harus kembali kalau tersesat. 

BACA JUGA :

Mau Liburan? Ini Trik agar Kopermu Nggak Berantakan 

Rahasia Bikin Foto Liburan Sekeren Fotografer Profesional 

Bawa tali pengikat koper

Kita mesti waspada dimana pun berada. Oleh karenanya bawalah tali pengikat untuk mengaitkan koper ke tempat tidur, lemari, atau meja supaya tak mudah dicuri. Tali bermaterial baja ini bisa kamu beli di toko yang menjual keperluan traveling

Jangan mudah percaya

Tidak menutup kemungkinan ada orang asing yang ingin berkenalan dan menanyakan banyak hal. Mulai dari daerah asal, destinasi wisata hingga pergi dengan siapa. Nah, tak perlu menjawab pertanyaan tersebut sejujur – jujurnya, karena kita tidak tahu apa maksud orang itu sebenarnya.  Sebaiknya rahasiakan tujuanmu agar terhindar dari rencana jahat.

Ingatlah, kejahatan terjadi tidak hanya dari niat buruk pelaku, melainkan juga kesempatan yang tersedia. Maka dari itu, waspadalah dan tetap berhati – hati dalam perjalananmu. Stay safe ya sahabat Saliha.

 


    BY MEDIA SARI

loading