Ayo Ajak Si Kecil Bermain di Luar! - Saliha

WHAT'S ON

Ayo Ajak Si Kecil Bermain di Luar!

BY SYARIFAH AULIA

2017-11-27 14:30:00


SALIHA.ID - Bermain menjadi salah satu cara yang paling menyenangkan untuk menstimulasi perkembangan si kecil. Melalui permainan anak yang rentan usia 1-3 tahun bisa meningkatkan kecerdasan. Permainan juga bisa dilakukan secara tunggal maupun berkelompok, dengan begitu si kecil bisa menjadi cepat tanggap, mampu bersosialisasi dan siap untuk menyelesaikan serta bertanggung jawab.

Edukasi mainan juga bisa membantu orangtua dalam mengembangkan panca indera anak sejak dini. Merangsang dan bereksporasi sehingga daya pengelihatan dan sentuhannya bisa berkembang sesuai tahapannya. Saat memasuki usia 3 bulan biasanya anak sudah mampu mengontrol gerakkan tangan dan kakinya. Lanjut usia 6 bulan, biasanya anak mulai duduk dan merangkak.

Saat anak menginjak usia 9-12 bulan, anak mulai memasuki tahapan yang sangat aktif hingga usianya 18 bulan. Bukan hanya eksplorasi gerakan tangan dan kaki, di sini anak mulai berimajinasi dan mengekplorasi hal-hal baru. Di usia ini, memilih jenis permainan sangatlah memengaruhi mood anak. Misalnya saja, saat si kecil memasuki usia ke 3 tahun, cobalah untuk mengajaknya bermain di luar rumah yang menggunakan nalar dan logika.

Sebagai orangtua millenials yang aktif, memilih permainan yang tidak hanyak menyangkut kesenangan semata melainkan permainan yang bisa mengedepankan perkembangan motorik dan sensorik, sehingga bisa melatih ketangkasan si kecil. Ingat lo, bukan hanya si kecil yang bisa bermain, kita sebagai orangtua juga harus terlibat dalam permainan, dengan begitu si kecil bisa belajar karena mendapatkan bimbingan melalui informasi yang kita berikan.

"Banyak anak-anak yang kurang suka dengan mainan dan justru lebih tertarik pada lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, memilih permainan di luar rumah lebih bisa memberikan kebebasan untuk berimajinasi maupun berekplorasi. Dan, yang terpenting interaksi anatara anak dan orantua terjalin sambil bermain", ungkap ELC Toys Specialist, Dr. Markus M. Danusantoso, SpA.

Sebagai pusat edukasi permainan, Early Learning Centre atau ELC, memiliki berbgai jenis permainan yang dibagi dalam kategori, baby, toddler, imagination, learning & creativity dan sports & outdoor. Sebagai contoh, Light and Sound Buggy Driver yang dapat mengeluarkan bunyi dan suara sesuai untuk usia 3 bulan, Tabletop art centre sebagai papan tulis portabel ideal untuk menginspirasi kreativitas anak atau Water Table yang dapat digunakan di luar ruangan yang baik digunakan untuk menstimulasi indera pada anak dengan aktif bermain.

Ternyata, bermain dengan anak tidak hanya membuat si kecil senang saja ya, menyelipkan edukasi untuk berekplorasi sangat penting demi perkembangannya.

 


    BY SYARIFAH AULIA

loading