9 Cara Asyik Mempertajam Ingatan - Saliha

WELLNESS

Tingkatkan kemampuan otak dan latih supaya selalu mengingat dengan baik

9 Cara Asyik Mempertajam Ingatan

BY TRI SINTARINI

2017-05-24 21:21:00


Pernah enggak sih mengalami situasi seperti lupa janji penting dengan klien, lalai membawa dompet, ponsel atau bahkan kunci rumah? Wah, enggak enak banget ya kalau aktivitas kita terganggu hanya karena sering melupakan sesuatu. Bagi yang memang mempunyai sifat pelupa ada baiknya melakukan beberapa exercises yang bisa meningkatkan daya ingat.

Melatih dengan aktivitas membaca dan menulis

Aktivitas membaca dan menulis ternyata dapat mengasah kemampuan otakmu untuk terus berfikir. Bacalah buku-buku dari genre yang kamu suka setidaknya di saat luang atau pada akhir pekan. Usahakan untuk menamatkan satu buku dalam hitungan hari. Sedangkan bagi yang suka menulis, tidak ada salahnya kembali membiasakan diri untuk menulis hal kecil apapun yang kamu temui selama melewati hari. Misalnya, menulis diary atau di media sosial.

Mengganti bunyi alarm ponsel

Ganti alarm ponsel yang biasa kita gunakan dengan nada lain. Hal ini adalah salah satu cara untuk merangsang otak agar mengenali suatu bunyi yang berbeda dari biasanya.

Belanja bulanan tanpa membawa catatan

Yuk, sesekali tinggalkan kebiasaan mencatat daftar belanja bulanan, cukup andalkan ingatan. 

Mencoba aksi kidal dengan aktifkan tangan kiri

Gunakan tangan kiri untuk beraktivitas. Tak ada salahnya mempelajari hal baru  karena mampu memicu kemampuan otak.

Bermain Teka Teki Silang

Permainan mengisi Puzzle ini bisa menambah kosakata yang akan tersimpan di dalam memori otak.

Menikmati makanan yang tak biasa kamu konsumsi

Kalau kamu menyukai menu tertentu biasanya akan ada kecenderungan memilih menu yang selalu sama. Ada baiknya sesekali memesan yang berbeda. ‘Kejutan’ rasa di lidah dapat memicu ingatanmu supaya enggak gampang lupa.

Bermain musik dan bernyanyi

Belajar sesuatu yang baru dapat menyegarkan kembali otak kita. Supaya lebih fun pilihlah musik yang memberikan semangat dan motivasi. Karaoke bersama teman-teman usai pulang kantor bisa jadi salah satu cara cool mengasah kemampuanmu.

Melihat panorama yang bagus

Saat melihat pemandangan alam atau gambar indah dapat menstimulus perasaan menjadi lebih bahagia. Hal-hal menyenangkan seperti itu dapat meningkatkan daya ingat. 

Istirahat

Selalu luangkan waktu beristirahat setelah melakukan aktivitas yang padat setiap harinya. Hal ini akan membuat pikiran lebih segar dan fresh!

Semoga tak lagi menjadi si pelupa!


    BY TRI SINTARINI

loading