Ini Lo Waktu yang Tepat Berjemur di Bawah Sinar Matahari - Saliha

WELLNESS

Ini Lo Waktu yang Tepat Berjemur di Bawah Sinar Matahari

BY SYARIFAH AULIA

2018-03-21 16:04:00


SALIHA.ID - Sebagai negara tropis, Indonesia dikaruniai sinar matahari yang begitu berlimpah. Pancaran sinar matahari yang terik membuat sejumlah pantai di tanah air kian menjadi destinasi favorit. Ketika berada di pantai tak lengkap rasanya bila melewatkan aktivitas berjemur sambil menikmati deburan ombak yang berarak-arak.

Ada begitu banyak manfaat yang diberikan sinar matahari, namun tidak menutup kemungkinan pula, sinar matahari yang terik memicu sejumlah penyakit kronis salah satunya kanker.

Ultraviolet yang terdapat pada sinar matahari memiliki kandungan vitamin D yang melimpah, namun kita juga harus tahu bahwa paparan radiasi ulraviolet memiliki risiko merusak sel-sel tubuh. Oleh sebab itu, ketika kita berjemur di pantai dengan intensitas waktu yang cukup panjang bisa menyebabkan kulit terbakar sampai merusak pigmentasi kulit.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kita memilih waktu yang tepat saat berjemur di pantai. Waktu pagi dan sore hari jauh lebih baik daripada paparan sinar matahari di siang hari. Ketika matahari tepat berada di garis khatulistwa tepatnya pada pukul 12 siang, ultraviolet yang keluar lebih cenderung negatif.

Terlebih lagi bagi seseorang yang cenderung memiliki kulit putih, agar membatasi waktu saat berjemur, karena pigmentasi kulit putih cenderung lebih mudah terbakar. Sedangkan yang berkulit gelap bisa berjemur lebih lama dari pada kulit putih.

Selain, radiasi ultraviolet, terlalu lama di bawah paparan sinar matahari sat waktu yang salah juga bisa memicu terjadinya dihidrasi bahkan menyebabkan pingsan.


    BY SYARIFAH AULIA

loading