Badminton; Olahraga Rakyat yang Terus Digemari - Saliha

WELLNESS

Perempuan Bermain Badminton

Badminton; Olahraga Rakyat yang Terus Digemari

BY ASRI PUSPA

2017-07-11 10:21:00


Mendengar kata badminton pasti kita langsung teringat deretan nama-nama besar yang sempat mengharumkan bangsa Indonesia di kancah dunia, sebut saja Taufik Hidayat, Susi Susanti, Alan Dwi Kusuma dan deretan atlet badminton lainnya. Sungguh membuat kita enggak bisa move on karena mengagumi kehebatan mereka saat unjuk gigi di lapangan.

Olahraga yang satu ini memang sudah lama menjadi permainan yang digemari, mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Selain untuk mendapatkan tubuh yang sehat, badminton juga sering dijadikan sebagai rekreasi atau sosialisasi bersama teman-teman di lingkungan sekitar. Apalagi tak sulit untuk bermain badminton, kita cukup menyediakan raket, net, kok dan pastinya, lapangan.

Olahraga yang sudah ada sejak tahun 1930 ini, biasanya dilakukan pada sore menjelang malam. Katanya sih, angin saat petang menjelang malam intensitasnya jauh lebih berkurang sehingga meminimalisir kemungkinan shuttle kok 'kabur-kaburan'. 

Bukan hanya hebat dalam prestasi, olahraga yang sangat merakyat ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Saat bermain badminton, kecepatan tangan ternyata bisa mencapai 400 km/jam, bahkan bermain badminton selama 30 menit sebanding dengan berjalan kaki sejauh 5 km. 

Saat bermain badminton, otak akan memerintahkan anggota tubuh, mulai dari kepala, mata, tangan dan kaki untuk saling berkoordinasi. Hal ini mampu meningkatkan kepadataan tulang secara alami. Badminton juga akan membakar sekitar 1000 kalori per hari. 

Gerakan saat bermain badminton cukup memberikan pengaruh yang sangat cepat layaknya gerakan aerobik. Menurut Jane Taylor, pebulu tangkis asal Inggris, gerakan badminton mampu memelihara fungsi kognitif dan kecerdasan seseorang. Dengan begitu seseorang yang gemar bermain badminton memiliki kepekaan dan aksi cepat tanggap lebih baik dibandikan mereka yang tidak bermain badminton. 

Dengan segala kelebihan badminton, tidak heran jika badminton masih terus disukai hingga sekarang. Tempat pelatihan badminton juga tak pernah sepi peminat.  Karena pada dasarnya, tempat-tempat ini bukan hanya untuk menempa calon atlet badminton profesional, namun karena badminton itu sendiri sudah memiliki daya tarik tersendiri di mata masyarakat. 

Nah, salah satu sarana untuk memiliki prestasi badminton di level internasional adalah dengan mengikuti KEM Badminton, lewat event ini, putra-putri sahabat saliha berkesempatan untuk training camp di Malaysia dan Jepang dan dilatih langsung oleh pelatih internasional, yuk daftarkan putra-putrinya di sini

 


    BY ASRI PUSPA

loading