9 Tips Aman Tidur di Airport untuk Muslimah - Saliha

TRAVEL

9 Tips Aman Tidur di Airport untuk Muslimah

BY TIM EDITOR

2017-12-10 09:00:00


SALIHA.ID - Kita semua ingin perjalanan udara berjalan dengan mulus dan lancar. Meski demikian, ada kalanya hal yang tak terduga datang. Pesawat yang waktu penerbangannya diundur, waktu transit yang panjang, dan lain-lain. Sehingga kita tidak punya pilihan lain kecuali beristirahat atau bahkan tidur di bandar udara.

 Ada juga mereka yang sengaja tidur di airport. Alasannya? Waktu tidur yang tanggung untuk check-in hotel. Tidak mengapa tidur sejenak di airport untuk menghemat biaya hotel.

Wah, aman nggak ya?

Sebenarnya, banyak airport bertaraf internasional yang memiliki fasilitas yang sangat memadai bagi para wisatawan. Sebut saja toilet yang bersih dan wangi, tempat duduk yang rapi dan nyaman, ruang pijat dan laktasi di beberapa sudut, fasilitas untuk penyimpanan koper dan bahkan tempat untuk salat.

Agar tetap aman, sebelum memutuskan tidur di airport, simak beberapa tipsnya ya:

  • Untuk mengetahui di mana dan bagaimana cara untuk mengakses fasilitas yang diberikan oleh airport, Sahabat bisa bertanya ke bagian informasi atau bisa mengakses website Sleeping in Airports. Website tersebut dapat memberikan Sahabat segala informasi dan tips mengenai airports di seluruh wilayah di dunia yang kalian butuhkan. Bahkan, mereka pun memberikan rekomendasi mana airport yang termasuk kategori best atau terbaik dan worst atau terburuk.
Snooze Lounge di Changi Airport, Singapura. Foto: shutterstock.com
  • Simpan koper dan barang-barang penting lainnya di locker penitipan barang. Hampir seluruh airport internasional memiliki layanan ini. Umumnya fasilitas ini berbayar, namun masih dalam taraf wajar. Selain itu, biasanya ada batasan waktu minimum dan maksimum dalam menitipkan barang.
  • Bawa tas berisi sikat gigi, facial wash, dan beberapa baju untuk ganti keesokan harinya. Selain untuk menyimpan barang, tas kecil kamu bisa berfungsi sebagai bantal, lho!
  • Gunakan jaket sebagai pengganti selimut, bantal, atau penutup mata. Terkadang ada airport yang meredupkan lampu di sekitar area istirahat pada jam tertentu dan menurunkan volume pengeras suara. Dengan demikian, pengunjung dapat beristirahat lebih tenang. 

BACA JUGA:

Cara cerdas traveling praktis dan ringan untuk muslimah

Sttt, ini rahasia mendapatkan uang dari traveling

  • Tidak semua airport memperbolehkan wisatawan mandi di dalam toilet. Sebagian airport hanya menyediakan toilet kering. Untuk itu Sahabat bisa memanfaatkan wastafel untuk sekedar cuci muka, sikat gigi, dan berwudhu.
  • Jika beruntung, Sahabat Saliha bisa tidur di kursi empuk seperti kursi pijat. Ketika sudah larut malam biasanya mereka tidak membuka layanan lagi, sehingga kursi bisa dipakai untuk tidur. Namun jika tidak kebagian, Sahabat Saliha bisa memilih kursi panjang yang cukup nyaman digunakan untuk tidur malam.
  • Pilih lokasi tidur yang agak ramai, karena akan lebih baik dari segi keamanan dan memudahkan Sahabat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Jalan-jalan keliling airport dan baca beberapa buku untuk mengatasi kebosanan. Sebagian airport internasional memberikan fasilitas rekreasi selama waktu tertentu. Hm, tentu menyenangkan, ya?
  • Jangan gunakan ruangan salat untuk tidur. Di beberapa bandara internasional terkadang tersedia ruangan untuk salat. Namun, jangan manfaatkan ruangan ini untuk tidur, ya. Karena selain mengganggu mereka yang hendak beribadah, tempat salat memang bukan diperuntukkan sebagai tempat tidur.  

Gimana, kira-kira Sahabat Saliha tertarik untuk mencoba pengalaman menginap di airport? 

Artikel ini merupakan kontribusi dari Nabilla Desyalika Putri, Malang. Nabilla adalah seorang ibu muda yang suka menulis, ngeblog, traveling, dan sedang menjalani bisnis fashion hijab. 


    BY TIM EDITOR

loading