Meminta Pasangan yang Sempurna, Layakkah? - Saliha

LOVE

Saat meminta pasangan yang sempurna seperti Nabi Muhammad SAW, maka kita patut memantaskan diri memiliki akhlak seperti Khadijah binti Khuwailid

Meminta Pasangan yang Sempurna, Layakkah?

BY DINA LATHIFA

2017-10-24 09:00:00


SALIHA.ID - Memiliki pasangan yang sempurna, siapa yang tak ingin? Baik hatinya, rupawan wajahnya, sehat raganya, melimpah hartanya, dan setia imannya, adalah sosok pria yang diinginkan muslimah mana pun. Kehidupan pernikahan dapat berjalan sejahtera dan penuh ridha dari Allah swt sebab sang Imam mampu memimpin mahligai rumah tangga dan membimbing keluarganya menuju surga-Nya.

Di mata perempuan, sosok Nabi Muhammad SAW menjadi contoh standar sempurna yang digunakan dalam memilih calon pasangan. Maka ketika ada pria mendekat, kita akan membandingkan akhlak dan imannya dengan Rasulullah SAW. Jika tak bagus atau kurang sama, permintaan pendekatan akan ditolak. Sahabat Saliha juga melakukan hal yang sama?

Adalah hal baik untuk mempertimbangkan matang-matang sosok pria yang menawarkan diri menjadi imam dan teman hidup. Namun ketika memaksakan diri memberikan standar sempurna dan menuntut seseorang harus memenuhinya, hal itu menjadi tidak realistis. Sebab, tak ada manusia yang sempurna di muka bumi ini. Bahkan Rasulullah yang sempurna di mata umatnya, adalah manusia biasa yang juga melakukan salah dan dosa.

Masing-masing orang memiliki kelebihan dan kekurangan yang beragam, termasuk diri sendiri. Allah swt telah menciptakan manusia berpasang-pasangan agar bisa saling melengkapi satu sama lain. Pun ketika menuntut pria untuk menjadi sosok sempurna, pertanyakan hal ini, "Apakah pribadi ini sudah sempurna juga untuk menjadi pasangannya?"

Saat meminta pasangan yang sempurna, maka patutnya berusaha menjadi pribadi yang sama agar hubungan berjalan seimbang. Tidak hanya perempuan, pun lelaki menginginkan calon istri yang pantas bersanding dengannya. 

Jika meminta pria yang memiliki perilaku dan akhlak sama seperti Rasulullah, apakah kita sudah memiliki sifat dan sikap yang sama seperti Khadijjah binti Khuwailid?

BACA JUGA: 

Agar mudah temukan jodoh, ini rahasianya 

Memikat si calon jodoh dengan ketulusan hati dan prestasi 

Sahabat Saliha, sudah menjadi kewajiban untuk memilih teman hidup yang mampu menafkahi keluarganya, menarik dipandang, beriman sama dan berakhlak mulia. Namun untuk mendapatkan sosok seperti itu, pribadi ini pun perlu memantaskan diri menjadi muslimah yang baik.

Allah swt telah berfirman, "Wanita-wanita yang keji untuk laki-laki yang keji. Dan laki-laki yang keji untuk wanita-wanita yang keji pula. Wanita-wanita yang baik untuk laki-laki yang baik. Dan laki-laki yang baik untuk wanita-wanita yang baik pula." (QS. An Nur: 26)


    BY DINA LATHIFA

loading