Bicara Uang dalam Keluarga itu Hal Tabu? - Saliha

LOVE

Bicara Uang dalam Keluarga adalah Hal Tabu?

Bicara Uang dalam Keluarga itu Hal Tabu?

BY DINA LATHIFA

2018-04-06 15:17:00


SALIHA.ID - "Ada banyak generasi millenials yang belum memahami pentingnya perencaan keuangaan untuk masa depan yang lebih baik. Selain karena kurangnya informasi yang didapatkan, kurangnya pembicaraan hal ini dalam lingkungan keluarga juga mendorong terjadinya hal ini," ungkap Ivy Widjaja, Executive Vice President, Head of Customer Segmentation and Marketing Permata Bank, saat ditemui di #CountMein di Jakarta, (5/4).

Menurut perempuan yang akrab disapa Ivy ini, jarangnya pembicaraan keuangan dalam lingkungan internal karena diskusi soal finansial masih dianggap sebagai hal yang tabu. Ada sebagian orangtua yang kurang paham cara untuk mengelola keuangan yang baik, ada juga yang merasa malu untuk membicarakan penghasilan maupun utang dengan anak.

"Perasaannya seperti, 'Buat apa saya membicarakannya dengan anak? Lebih baik ia membicarakan sekolah bersama saya.' Padahal ketika konsep ini terus dijalankan dalam keluarga, anak akan mendapat informasi keuangan dari orang lain yang belum tentu benar untuk diikuti. Jadi, bukankah sebaiknya orangtua yang lebih dulu mengajarkan?"

Ketika orangtua mulai mengajak anaknya untuk bicara soal finansial, itu tidak hanya memberikan edukasi pada generasi selanjutnya, tetapi juga menjadi sebuah pengingat untuk diri mereka sendiri pentingnya mengelola keuangan yang baik untuk keluarga dan masa depan.

Cara sederhana mengelola keuangan yang dibagikan oleh Ivy adalah menjaga agar pengeluaran tidak lebih besar daripada pendapatan, dan ini berlaku untuk semua kalangan, khususnya pada millenials yang semakin mudah membelanjakan uang mereka karena kecanggihan teknologi masa kini.

Tidak hanya menjaga arus pemasukan dan pengeluaran, cara lain yang bisa dicoba untuk mengelola keuangan dengan baik adalah membuat cita-cita setinggi mungkin dan berusaha mewujudukannya, seperti yang dilakukan Dipha Barus.

"Mimpi saya sangat tinggi, yaitu ingin masuk ke Grammy Awards. Karena butuh ongkos banyak, saya memutuskan untuk menabung agar bisa menjadikannya nyata," tuturnya saat ditemui di acara yang sama, sekaligus perilisan lagu “Money Honey” yang berkolaborasi bersama Monica Karina.

"Menabung juga menjadi sebuah bentuk penghargaan untuk kerja keras yang saya lakukan, dan masa depan yang saya bangun dari sekarang," ujar pria yang dikenal sebagai DJ Syariah dalam dunia musik.


    BY DINA LATHIFA

loading