Biar Nggak Gampang Tertipu, Ini Cara Aman Belanja Pakaian Online - Saliha

FASHION

Biar Nggak Gampang Tertipu, Ini Cara Aman Belanja Pakaian Online

BY MEDIA SARI

2017-08-28 16:00:00


SALIHA.ID - Kecanggihan teknologi membuat apapun menjadi begitu mudah termasuk berbelanja pakaian. Dengan kemudahan, kenyamanan dan promo yang ditawarkan, membuat berbelanja pakaian secara online menjadi sebuah kesenangan tersendiri. Namun, hal ini juga mengandung risiko seperti penipuan, ukuran yang salah, model atau jenis bahan yang tidak sesuai perkiraan. Tenang! Berikut ada beberapa cara yang bisa meminimalisir bencana tersebut. Intip dulu yuk.

Cek website

Lihat tampilan website penjual, apakah di-update secara rutin atau tidak. Cek juga nomor telepon yang bisa dihubungi dan alamat toko fisik jika ada. 

Who.is 

Jika perlu, kamu bisa mengecek kredibilitas website di who.is. Website ini mampu menampilkan informasi seputar identitas pemilik domain dan tanggal aktif serta kadaluwarsa domain. Tapi kamu harus tahu, who.is dapat disembunyikan. Nah, jika ini terjadi kamu harus waspada karena artinya pemilik website menyembunyikan identitasnya.

Membaca ulasan

Sebelum melakukan transaksi ada baiknya kamu membaca ulasan mengenai toko online di forum, blog atau mencari referensinya di google. Dari sini kamu bisa mengetahui pengalaman pembeli sebelumnya dan lebih berhati-hati jika ada kejadian buruk yang menyangkut penjual tersebut.

Baca Juga : Ingin Beli Sepatu Secara Online? Ini Tipsnya

Membaca FAQ dan kebijakan pengembalian barang

Luangkan waktu untuk membaca FAQ (Frequently Asked Question) dan kebijakan pengembalian barang yang diterapkan toko online tersebut. Meski membosankan, hal ini penting untuk menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan setelah proses transaksi terjadi. 

Teliti sebelum membeli

Foto pakaian yang dipamerkan penjual online kadang berbeda setelah kamu menerimanya. Untuk menghindari hal ini, selalu minta foto dengan menggunakan barang asli dan tanyakan tingkat kemiripannya. Jangan lupa minta kejelasan mengenai jenis bahan yang digunakan dan ukuran pakaian.

Sesuaikan ukuran tersebut dengan ukuran kamu dan jangan memaksa membelinya jika tidak pas. Cobalah untuk mencatat ukuran lingkar dada, pinggul dan pinggang di smartphone atau laptop agar kamu bisa lebih cepat menyesuaikan ukuran baju ketika sedang menjelajah toko online.

Simpan bukti transaksi

Untuk berjaga-jaga selalu simpan histori percakapan dan bukti transaksi yang kamu lakukan. Hal ini akan membantu kamu, jika penjual melakukan tindak penipuan. Kamu bisa melaporkan toko online tersebut sambil menyerahkan bukti-bukti ke pihak kepolisian.

Nah, dengan langkah-langkah ini tak perlu khawatir lagi kan berbelanja pakaian secara online?

 


    BY MEDIA SARI

loading