7 Makanan yang Akan Meredakan Sakit Menstruasimu - Saliha

CULINARY

Makanan yang meredakan nyeri menstruasi

7 Makanan yang Akan Meredakan Sakit Menstruasimu

BY DINA LATHIFA

2018-03-09 17:11:00


SALIHA.ID - Rasa sakit saat menstruasi bisa bertambah buruk akibat makanan dan minuman yang sahabat Saliha konsumsi di saat periode itu. Sebaliknya, rasa sakit menstruasi itu juga dapat berkurang dan tubuh dapat merasa bugar jika kamu menyantap makanan dan minuman yang tepat. Apa saja, ya?

Mengutip dari Byrdie, ada 7 pangan yang wajib kamu konsumsi saat memasuki periode datang bulan.

1. Kale dan sayuran hijau lainnya

Saat datang bulan, level zat besi dalam tubuh menurun sehingga tubuh membtuhkan makanan yang kaya zat itu. Ini juga yang menjadi alasan kamu selalu ingin menikmati makanan seperti cheeseburger. Namun, makanan itu justru harus dihindari karena mengandng lemak saturasi yang memicu rasa sakit saat datang bulan. Sebaliknya, dapatkan zat besi dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti kale, sawi, dan Swiss chard.

2. Jeruk

Jeruk, lemon, jeruk nipis, dan sayuran hijau mengandung kalsium dan vitamin D yang baik menunjang kondisi tubuh saat sedang menstruasi. Kalsium yang tinggi dapat mengurangi rasa depresi dan cemas, serta menenangkan otot untuk mengurangi keram dan nyeri. Sedangkan vitamin D mengelola enzim yag mengubah triptophan menjadi serotonin, neurotransmitter yang membantu menjaga mood.

3. Pisang

Mood sedang tidak baik? Pisang dapat membantu mengembalikannya karena kaya vitamin B6. Selain itu, buah ini mengandung banyak potassium dan magnesium yang dapat mengurangi retensi air dan kembung. Serta membantu menjaga sistem pencernaan, salah satu masalah yang juga dialami perempuan saat menstruasi.

4. Semangka

Saat menginginkan makanan manis, ambil sepotong buah segar! Buah dengan banyak biji ini menyediakan semua jenis nutrisi yang kamu butuhkan untuk melawan rasa lemah dan lelah. Plus, gula alami yang dikandung buah seperti semangka dan berry membantu meredakan lambung.

5. Ikan Salmon

Kaya akan asam lemak omega-3, konsumsi salmon saat menstruasi dapat membantu merilekskan otot dan menenangkan rasa sakit. Selain dari Ikan Salmon, kamu juga bisa mendapatkan zat bergizi ini dari kacang mede, alpukat, labu, dan biji rami.

6. Brokoli

Sayuran kecil yang satu ini kaya akan gizi yang dapat memperlancar gejala menstruasi yang sering dialami perempuan. Mulai dari magnesium, potassium, kalsium, serta vitamin A, C, B6, E. Semuanya dapat membantu meningkatkan mood, melawan rasa lelah, dan menepis depresi.

7. Dark chocolate

Kudapan ini adalah sumber magnesium terbaik, yang berfungsi mengatasi mood swings, dan membantu menjaga jumlah serotonin--hormon bahagia. Untuk mendapatkan manfaat ini, pilih coklat yang memiliki kandungan 60% cocoa atau lebih.

Jadi saat menstruasi, sahabat Saliha tahu apa yang harus dikonsumsi, bukan?


    BY DINA LATHIFA

loading